Penjelasan DNS (Domain Name Server)

1
1329
views

DNS (Domain Name Server) merupakan kumpulan Nama Host (Domain) dan IP Addres. Kumpulan data tersebut diperlukan oleh DNS untuk menjalankan fungsinya yaitu menerjemahkan IP Addres ke Host Name (domain) ataupun sebaliknya. Hal ini agar mempermudah kita (manusia) untuk bisa terhubung ke suatu website, kita tidak perlu mengingat alamat IP website tersebut melainkan mengingat nama host domainnya saja. Lebih mudah mengingat nama host (domain) dibandingkan dengan alamat IP karena domain berisi kombinasi huruf (kata) sedangkan alamat IP hanya berisi angka-angka.

Misalnya ketika anda ketikkan pusatnet.com di browser anda maka alur kerjanya sebagai berikut :

  1. Laptop atau PC anda akan merequest alamat IP website pusatnet.com ke server DNS lokal
  2. Selanjutnya server DNS lokal akan melihat kedalam database dan cache nya
  3. Jika cache nya ditemukan maka server DNS lokal akan langsung memberikan alamat IP ke software browser anda. Sebaliknya, jika tidak ditemukan maka server DNS lokal tersebut akan menghubungi server DNS lainnya.
  4. Kemudian, setelah mendapatkan alamat IP yang anda request, server DNS lokal tersebut akan menyimpannya sebagai cache, sehingga jika anda merequest domain yang sama, server DNS lokal tersebut tidak perlu lagi menghubungi server DNS yang lainnya.
  5. Selanjutnya, alamat IP tersebut dikirimkan ke browser anda sehingga browser tersebut dapat membuka website dengan domain yang anda ketikkan tadi.

Server DNS root merupakan server DNS tertinggi (pusat) yang bertanggung jawab untuk menyatukan semua server DNS sehingga server DNS tersebut dapat mengetahui keberadaan server yang lainnya. Semua server DNS mengetahui Server root. Server DNS lokal dapat menghubungi server DNS lainnya dengan konsep sebagai berikut :

  1. Server root menyimpan informasi alamat IP dan host semua domain dibawahnya, diantaranya domain ‘.com’ ‘.net’ ‘.org’ dan lain-lain.
  2. Kita ambil salah satu contoh yaitu domaidan nama Host yang berada dibawahnya saja, yang artinya domain ‘.com’ ini tidak menyimpan informasi yang dimiliki oleh domain ‘.net’ ‘.org’ ataupun domain yang lainnya.
  3. Untuk mengetahui (mengakses) alamat IP misalnya pusatnet.id maka server DNS domain ‘.com’ harus menghubungi server yang berada diatasnya yaitu server root.

Kesimpulannya, ketika alamat IP yang anda cari tidak ditemukan oleh server DNS lokal maka server DNS lokal akan menghungi server DNS lokal diatasnya sampai alamat IP tersebut ditemukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here